Kelas Filsafat: Pemikiran Marx dan Pasca-Marxisme

Percikan Filsafat Marxis Pasca-Lenin

Pada 11 Agustus 2017, Kelas Filsafat Teater Utan Kayu (TUK) yang bertajuk Underground Philosophy kembali menggelar kelas malamnya. Dihadiri oleh lebih dari 120 mudi-muda yang bukan saja haus akan ilmu, tetapi juga menghasrati filsafat sistematis.

Pada sesi ke-11 dari rangkaian kelas yang sudah berjalan sejak tahun lalu, Sastrawati Ayu Utami dan rekan-rekan dari Lingkar Studi Terapan Filsafat (LSTF) menghadirkan Franz Magnis-Suseno sebagai narasumber. Dalam konteks pemikiran Marx dan khasanah Marxisme di dunia dan di Indonesia, tidak ada yang lebih layak dari Franz Magnis-Suseno untuk membahas tema tersebut.

Pada 1975 penerbit Karl Alber di Jerman, yang terkenal karena publikasi buku-buku filsafatnya, menerbitkan sebuah buku hasil disertasi PhD Jesuit muda Franz Magnis di Ludwig-Maximillian Universität Munich, berjudul Normative Voraussetzungen im denken des Jungen Marx (Pengandaian-pengandaian Normatif dalam Pemikiran Marx Muda). Segera setelah terbit buku tersebut mendapatkan review luar biasa dalam majalah-majalah ilmiah dan popular di Jerman, Inggris, Spanyol, Prancis serta Indonesia. Sekurang-kurangnya ada 15 reviews yang tercatat di negara-negara tersebut. Buku 500 halaman hasil disertasi itu sendiri adalah sebuah kajian tekstual yang cermat dan ketat, kalimat demi kalimat, terhadap 7 karya kunci Karl Marx.

Dengan disertasi PhD di tahun 1975 mengenai pemikiran Marx muda, karya trilogi mengenai pemikiran Marx, ditambah Bintang Mahaputera Negara yang melekat padanya, Guru Besar Emeritus Sekolah Tinggi Filsafat DRIYARKARA ini fasih berbicara lika-liku pemikiran Marx dan marxisme.

Sebagai informasi, satu pekan sebelumnya pada 4 Agustus 2017, diadakan acara serupa, yaitu peluncuran buku A. Setyo Wibowo berjudul Gaya Filsafat Nietzsche. Dengan Goenawan Mohamad sebagai pembahas, acara peluncuran buku yang menyerupai seminar ini dipadati oleh ratusan muda-mudi yang antusias berfilsafat.

Berikut adalah rekam fotografis dari kedua acara tersebut:

Posted on August 23, 2017 in Jurnal

Share the Story

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top