TANDA-TANDA ZAMAN: HATI-HATI SESAT PIKIR APLIKASI

Tanda-tanda Zaman - BASIS tahun ke-65 2016

Majalah kebudayaan BASIS yang terbit pertama kali pada 1 Oktober 1951, selalu menyajikan rubriknya yang khas: Tanda-tanda Zaman. Berfungsi layaknya kompas mata angin yang memandu pengembaraan pemikiran kita, rubrik ini secara jernih menerangi persoalan-persoalan kekinian dalam dunia sosial, politik, kebudayaan, intelektual, dan moral di Indonesia.

 

Dalam edisi terbarunya (nomor 5 – 6 tahun ke-65, 2016), Tanda-tanda Zaman lagi-lagi mengajak kita berpikir kritis melalui analisanya yang berjudul “Hati-hati Sesat Pikir Aplikasi”. Ditulis oleh A. Setyo Wibowo, ahli filsafat Indonesia alumnus Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara dan Université Paris I, Panthéon, Sorbonne, Tanda-tanda Zaman Majalah BASIS kali ini mengangkat gejala terkini yang sedang merasuki masyarakat kita, yaitu maraknya layanan aplikasi di dalam smart phone kita masing-masing.

 

Aplikasi-aplikasi smart phone penyedia macam-macam layanan ini rupanya membawa konsekuensi yang juga menarik. Dua konsekuensinya yang diangkat oleh A. Setyo Wibowo adalah: 1) pergeseran cara berpikir dan cara bertindak kita, dan 2) semakin lenturnya batas-batas ideologi sosial-politik.

 

Sebagaimana dinyatakan oleh A. Setyo Wibowo secara menarik, kritis dan provokatif:

“Aplikasi merevolusi makna pekerjaan. […] Lucunya  utopia pekerjaan dengan aplikasi di masyarakat neolib ini justru mirip mimpi Karl Marx tentang masyarakat komunis. […] Dengan berbagai aplikasi yang beredar saat ini, mimpi komunisme dan neoliberalisme berjumbuh di pelaminan. Karl Marx menjadi nabi neoliberalisme! Ironi lucu, namun riil.”

 

Jika Anda meng-klaim diri sebagai seorang pejuang ‘Marxis’ yang militan, atau pun seorang penganut ideologi pasar dan paham neo-lib yang berapi-api, maka Anda harus berhati-hati dengan Tanda-tanda Zaman kali ini. Anda setuju? Atau justru keras tidak setuju dengan Tanda-tanda Zaman kali ini? Boleh-boleh saja…namun sebelum penegasan persetujuan dan pertentangan dimulai, mari kita simak baik-baik terlebih dulu artikel lengkapnya berikut ini. Selamat membaca..

A Setyo Wibowo – Tanda-tanda Zaman – BASIS nomor 5 – 6 tahun ke-65 2016 (Klik tautan untuk membuka tulisan)

Posted on July 24, 2016 in Artikel, Jurnal

Share the Story

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top